AKPER Wisuda 44 Ahli Madya Keperawatan

BANGGAI RAYA- Akademi Keperawatan (Akper) Luwuk mewisuda 44 mahasiswa Ahli Madya Keperawatan angkatan ke-XVI pada Kamis (20/12/2018) di Hotel Estrella Luwuk.

Wisuda tersebut digelar dalam sidang senat terbuka yang dipimpin langsung oleh Direktur Akper Luwuk, Sutanto Hambali.

Turut hadir Asisten III Setda Banggai, Ramli Hanis yang mewakili Bupati Banggai, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai, Anang Otoluwa, Direktur Poltekkes Palu, Nasrul, Sekwil PPNI Provinsi Sulteng, Masri Dg Taha, Kabid GTK, Dinas Pendidikan Kabupaten Banggai, Arsat Tamagolla, perwakilan Untika Luwuk, Amik Nurmal Luwuk, Unismuh Luwuk dan Civitas Akademika Akper Luwuk, rohaniawan serta para orang tua wisudawan dan wisudawati Akper Luwuk.

Setelah dilaksanakan prosesi wisuda, para wisudawan langsung dilakukan pengambilan sumpah oleh Sekretaris Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Sulteng, Masri Dg Taha. Yang dilanjutkan dengan pengambilan sumpah oleh para rohaniawan dari Agama Islam, Kristen Protestan, Kristen Katholik dan Hindu.

Setelah itu dilakukan penandatanganan berita acara wisuda oleh mahasiswa dari masing – masing perwakilan agama yang disaksikan Direktur Akper Luwuk, Sutanto Hambali, Sekwil PPNI Sulteng, Masri Dg Taha dan Kadis Kesehatan Kabupaten Banggai, Anang Otoluwa.

Selanjutnya, hasil wisudawan dan wisudawati Akper Luwuk angkatan XVI tahun akademik 2017-2018 itu, diserahkan Direktur Akper Luwuk, Sutanto Hambali kepada Pemda Bangga yang diterima oleh Asiten III Setda Banggai, Ramli Hanis dan Kadis Kesehatan Banggai, Anang Otoluwa serta Sekwil PPNI Provinsi Sulteng, Masri Dg Taha.

Direktur Akper Luwuk, Sutanto Hambali dalam sambutannya mengatakan, sesuai amanat undang-undang nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi, bahwa setiap institusi pendidikan harus mampu dan tangguh dalam menyelenggarakan perguruan tinggi dengan baik, meliputi penyelenggara pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Selain itu katanya, khusus pengembangan pendidikan di bidang jasa, mempedomani UU nomor 36 tahun 2014 tentang tenaga kesehatan dan UU nomor 38 tahun 2014 tentang keperawatan, serta peraturan turunannya menjadi jabaran teknis dalam pelaksanaannya.

Akper Luwuk menurutnya, senantiasa berupaya untuk menjaga kualitas input, proses dan output penyelengaraan pendidikan, penelitian serta pengabdian pada masyarakat di bidang pendidikan vokasi.

“Itu yang menjadi Lotus kami, selama tahun 2017 sampai 2018 diantaranya, yaitu selalu melakukan update berbagi kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah, terutama di bidang standarisasi dan lulusan tenaga kesehatan khususnya di bidang keperawatan. Kemudian menuntut setiap pelaku pendidikan baik dosen maupun tenaga pendidikan harus mampu melakukan tuntutan kompetensi dan capaian pembelajaran yang telah kami tetapkan dalam renstra, terutama berkaitan dengan kegawatdaruratan,” katanya.

“Kepada para wisudawan dan wisudawati serta para orang tua mahasiswa, kami ucapkan selamat. Dan terima kasih kami ucapkan pada para orang tua, yang telah menitipkan putra-putrinya untuk menimba ilmu di Akper Luwuk,” ucapnya.

Sebelumnya, Direktur Poltekkes Palu, Nasrul juga memberikan orasi ilmiah di depan para wisudawan dan wisduwati serta tamu undangan. Serta Asisten III Setda Banggai, Ramli Hanis pada kesempatan itu membacakan sambutan Bupati Banggai, Herwin Yatim. RUM

Sumber: Media cetak Banggai Raya (https://koranbanggairaya.blogspot.com/2018/12/akper-luwuk-kukuhkan-44-ahli-madya.html)

 

Tags: , , , , , , , ,

 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *