Manfaat Imunisasi Dasar Pada Anak

IMUNISASI merupakan usaha memberikan kekebalan pada bayi dan anak dengan memasukkan vaksin ke dalam tubuh agar tubuh membuat zat anti untuk mencegah terhadap penyakit tertentu.
Vaksin adalah bahan yang dipakai untuk merangsang pembentukan zat anti yang dimasukkan ke dalam suntikan seperti vaksin BCG, Hepatitis, DPT, Campak, dan melalui mulut seperti vaksin polio.
Tujuan diberikan imunisasi adalah agar supaya anak menjadi kebal terhadap penyakit sehingga dapat menurunkan angka morbiditas dan mortalitas serta dapat mengurangi kecacatan akibat penyakit tertentu, sehingga tujuan dari program imunisasi adalah Menurunkan kesakitan & kematian akibat Penyakit-penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I)
Berdasarkan undang-undang bahwasanya “Setiap anak berhak memperoleh pelayanan kesehatan dan jaminan sosial sesuai dengan kebutuhan fisik, mental, spiritual dan sosial.” (UU no 23/2002), Setiap anak berhak memperoleh imunisasi dasar sesuai dengan ketentuan untuk mencegah terjadinya penyakit yang dapat dihindari melalui imunisasi (UU no 36/2009) serta Pemerintah wajib memberikan imunisasi lengkap kepada setiap bayi dan anak (UU no 36/2009).

Imunisasi BCG (Bacillus Calmette Guerin)

  • Merupakan imunisasi yang digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit TBC yang berat seperti penyakit TBC yang primer atau yang ringan dapat terjadi walaupun sudah dilakukan imunisasi BCG, pencegahan imunisasi BCG untuk TBC berat seperti TBC pada selaput otak, TBC milier dan TBC tulang

Imunisasi DPT (Difteri, Pertusis dan Tetanus)

  • Merupakan imunisasi yang digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit difteri.
  • Efek samping mempunyai efek ringan dan efek berat, efek ringan seperti pembengkakkan dan nyeri pada tempat penyuntikan, demam sedangkan efek berat menangi hebat kesakitan kurang lebih empat jam, kesadaran menurun, terjadi kejang, ensefalopati dan shock.

Imunisasi Polio

  • Merupakan imuniasi yang digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit poliomyelitis

Imunisasi Campak

  • Imunisasi yang digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit campak pada anak karena penyakit ini sangat menular.

Imunisasi Hepatitis B

  • Merupakan imunisasi yang digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit hepatitis yang kandungannya adalah HbsAg. Dalam bentuk cair.
 

Tags: , , , , , , ,

 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *